20 Manfaat Daun Pandan Yang Luar Biasa





20 Manfaat Daun Pandan Yang Luar Biasa - Daun pandan mempunyai bau yang khas, Pandan merupakan tanaman asli Asia Tenggara. Tanaman ini secara abadi memiliki cluster semak yang berbentuk kipas panjang, dengan daun yang sempit. Daun pandan yang segar hanya memiliki aroma yang sedikit. Daun pandan banyak digunakan dalam dunia memasak. Pohon pandan juga dapat ditaman dalam pot, untuk menghiasi pekarangan. Dibalik aromanya yang harum daun pandan memiliki banyak kegunaan termasuk untuk kesehatan, berikut manfaat daun pandan seperti yang dilansir dari manfaat.co.id.
Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan



1. Bumbu

Daun pandan memiliki rasa yang manis, dan aroma yang khas. Daun pandan dapat dijadikan tambahan pada saat memasak puding, minuman, dan lainnya. Selain itu daun pandang biasanya dimasak bersamaan dengan santan, serai, beras ketan dan gula. Di toko--toko juga ada extrak daun pandan. Ekstrak panda sering mengandung ekstra pewarna makanan hijau, sesuai dengan “Handbook of Spices, Seasonings, and Flavorings.”


2. Membungkus Makanan

Banyak kebuda.yaan yang memanfaatkan daun pandan untuk membungkus makanan, misalnya di India, Malaysia dan beberapa negara di Asia tenggara lainnya. Hal ini bertujuan untuk membauat aroma khas pada makanan dan melindungi makanan.


3. Pengusir Serangga

Daun pandan dapat dijadikan alat pengusir kecoa, seperti yang dilakukan oleh sopir taksi di Malaysia dan Singapura, yang meletakan daun pandan di mobilnya untuk mencegah datangnya kecoa. Ini disebabkan daun pandan memiliki zat kimia yang dapat mengusir serangga yaitu 2-asetil-1-Pirolina (2AP).


4. Peralatan Rumah Tangga

Pada saat serat daun pandang dikeringkan dapat dikadikan sebagai benang dan dapat dijadikan peralatan rumah tangga, selain tiu serat daun pandan juga banyak digunakan untuk membuat keranjang, tikar dan pakaian. Menurut “What Herb is That?”  perempuan di Kepulauan Pasifik menjalin daun pandan untuk menjadi rok “rumput”.


5. Obat-obatan dan Kosmetik

Daun pandang memiliki dapat menghasilkan efek  diuretik apabila dikonsumsi dalam jumlah besar. Daun pandan juga datat digunakan untuk mengobati beberapa masalah pada kulit. Praktisi pengobatan tradisional menggunakan akar tanaman ini untuk mengobati  diabetes. Aroma manis yang kuat banyak digunakan dalam pembuatan parfum dan kosmetik.


6. Pengharum Ruangan

Daun pandan dapat dijadikan sebagai pengharum ruangan, caranya iris tipis-tipis dan letakkan apda ruangan yang Anda inginkan.

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan


Di Indonesia daun pandan sering digunakan untuk bumbu makanan. dan sering digunakan dalam pembuatan kue asli Indonesia karena dapat menghasilkan warna yang alami dan aroma yang khas.


Bukan hanya dapat digunakan untuk memasak atau peralatan rumah tangga, daun pandan juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan seperti berikut ini:



  1. Meringankan gejala rematik –  Daun pandan yang masih segar dapat dimanfaatkan untuk meringankan gejala rematik. caranya:
    - Ambil daun pandan yang masih segar 2/3 lembar
    -  Kemudian cuci dan iris kecil-kecil
    - Ambil miyak kelapa yang sudah dipanaskan,
    - campurkan daun pandan dengan mainyak tersebut,
    - setelah dingin gunakan untuk mengosok pada bagian yang sakit.



  2. Sebagai obat penenang – Jika Anda mengalami kesulitan tidur, Anda dapat memanfaatkan daun pandangh untuk mengatasinya, caranya:
    - Sediakan daun pandan 2 lembar.
    - Cuci dan iris kecil-kecil.
    - Seduh dengan segelas air panas.
    - Saring setelah dingan, minum seduhan sekaligus.
    - Lakukan secara teratur 2 kali sehari.



  3. Mencegah penuaan dini



  4. Membantu mengatasi sembelit



  5. Membantu melancarkan buang angin



  6. Membantu kebutuhan gizi tubuh.





  1. Mencegah Kanker



  2. Mengatasi Insomnia



  3. Membantu mengatasi stres



  4. Melancarkan buang air besar





  1. Mencegah diabetes





  1. Melancarkan Haid



  2. Sumber antioksidan





  1. Membersihkan usus dari radikal bebas




Demikianlah 20 Manfaat Daun Pandan Yang Luar Biasa. Tidak ada salahnya mencoba untuk menaruh tanaman ini dipekarangan rumah anda, karena tidak sulit juga menanamnya. Selain mempercantik halaman, daunnya pun bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Namun pemanfaatan daun pandan untuk pengobatan harus dikonsultasikan pada ahlinya untuk mengetahui resiko kesehatan yang ditimbulkan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20 Manfaat Daun Pandan Yang Luar Biasa